11 Makanan Khas Bali Tahun 2018 Yang Membuat Anda Tergoda

11 Makanan Khas Bali Tahun 2018 Yang Membuat Anda Tergoda

Makanan Khas Bali-Hai guys bagaimana kabar anda hari ini guys. Jika baik-baik saja ayo kita simak artikel yang saya buat sebagai informasi sedikit yang saya ketahui untuk anda semua. Disini saya akan membahas Makanan Khas Bali yang membuat anda tergoda .

Sebelum itu ayo kita mengetahui sekilas dari Pulau Dewata Bali yang saya share ke teman-teman semua. Bali adalah pulau yang sangat bagus karena terdapat banyak laut. Mana mungkin semua orang atau di Indonesia ini tidak kenal Pulau Dewata Bali.

Pulau Dewata Bali ini mempunyai potensi dari budaya, wisata, pantai, wisata kuliner, dan wisata alam lainnya. Keindahan alam Pulau Dewata Bali ini sudah terkenal di seluruh dunia.

Bahkan sebagian dari masyarakat wisatawan mengenal Pulau Dewata Bali saja bukan Negara Indonesia karena Pulau Dewata Bali ini termasuk dari wilayah Indonesia. Bali sangat dikenal dengan pantainya yang indah, pasirnya yang putih, serta air yang sangat jernih kerena sangat jernih bisa sejernih kristal.

Tak heran jika wisatawan dari penjuru Indonesia ataupun dunia mengunjungi Pulau Dewata Bali. Tidak hanya orang dewasa yang mengunjungi Pulau Dewata Bali, pelajar juga mengunjungi ke Pulau Dewata Bali menggunakan jasa tour Bali.

Pelajar juga jauh-jauh mengunjungi Pulau Dewata Bali menggunakan bus dari seluruh Indonesia hanya untuk melihat indahnya Pulau Dewata Bali. Memang bali adalah surga dunia. Jika anda mengunjungi Pulau Dewata Bali jangan lupa untuk mencoba Makanan Khas Bali yang dikenal sangat enak dan lezat.

Untuk yang beragama islam anda harus senantiasa memilih makanan yang halal untuk dimakan karena rata-rata Makanan Khas Bali ini menggunakan daging babi.

Nah sekarang kita akan memasuki pembahasan tentang Makanan Khas Bali. Yuk simak bersama-sama. Berikut 13 Makanan Khas Bali Tahun 2018 Yang Membuat Anda Tergoda :

1). Makanan Khas Bali Blayag Raja

Makanan Khas Bali yang pertama ialah Blayag. Makanan ini adalah salah satu kuliner Makanan Khas Bali yang bertepatan di Buleleng. Makanan Khas Bali jarang bisa dijumpai dikarenakan Makanan Khas Bali ini kalah dipersaingan dibidang kuliner karena ada Makanan Khas Bali yaitu Kuliner Western.

Untuk rasa Makanan Khas Bali ini sangat enak ditambah nasi yang terbuat dari ketupat akan menambah selera makan. Makanan Khas Bali ini nikmat sekali jika dengan tambahan kacang komak.

Makanan Khas Bali ini terdiri dari sayuran yang setelah itu disiram dengan bumbu khusus yang sangat enak sekali. Makanan ini sudah mulai kembali dijajakan untuk wisatawan yang ingin mencicipinya.

2).  Makanan Khas Bali Lontong Jukut Serapah

Makanan Khas Bali selanjutnya adalah lontong jukut serapah. Untuk orang melayu pasti tidak akan enak jika mendengarkan nama makanan ini. Untuk orang bali pasti mengenal makanan ini dan tidak akan melewatkan makanan ini jika hiburan ke Pulau Dewata Bali.

Berbeda dengan lontong yang lainnya, lontong jukut serapah ini  memiliki bentuk segitiga bulat lonjong  yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Lontong ini dipotong kecil-kecil lalu dihidangkan dengan berbagai macam sayuran yang telah direbus contohnya : bayam, nangka, pepaya, daun singkong, dan bunga pisang atau jantung pisang. Lalu makanan ini disiram dengan kuah yang sangat kental, kuah ini mempunyai nama yaitu telengis.

Telengis adalah hasil sampangan minyak kelapa dan santan kelapa yang direbus. Jika berkunjung ke Pulau Dewata Bali harus mampir untuk merasakan nikmatnya Makanan Khas Bali ini.

3). Makanan Khas Bali Nasi Tepeng

Nasi Tepeng ini adalah Makanan Khas Bali khususnya di daerah Gianyar. Makanan Tradisional Khas Bali ini mempunyai citarasa pedas yang bisa menggoyang lidah. Untuk pecinta makanan yang pedas, anda patut mencoba makanan ini.

Makanan ini disajikan dengan sayuran seperti terong, kacang merah, kacang panjang, daun kelor, nangka muda, dan kelapa parut dengan menggunakan daun pisang agar menambah kesan alami dan semakin menambah nafsu makan anda.

4). Makanan Khas Bali Serombotan

Serembotan adalah Makanan Khas Bali yang sama seperti urap untuk orang Jawa. Bagi masyarakat Jawa tentu tidak asing lagi jika mendengar kata urap, sedangkan orang Bali menyebutnya dengan Serombotan. Makanan Khas Bali ini dihidangkan dengan berbagai macam sayuran yang dicampur menjadi satu.

Sayuran yang digunakan bayam, buncis, kangkung, kacang panjang, terong, touge, dan pare. Makanan Khas Bali ini disiram dengan bumbu yang khusus yaitu kalas. Kalas adalah bumbu khusus yang diracik menggunakan santan yang dicampur dengan kunyit tumbuk, bawang merah, lengkuas, bawang putih, kencur, ketumbar.

Jika anda ingin mencicipi Makanan Khas Bali ini anda bisa berkunjung di Singaraja. Anda bisa dengan mudah menemukan Makanan Khas Bali ini di Singaraja. Selain Singaraja beberapa rumah makan yang mempunyai nama Singaraja yang  yang ada di dekat Denpasar dan Kuta juga menyajikan menu ini.

5). Makanan Khas Bali Rujak Kuah Pindang

Pasti anda bertanya-tanya mengapa makanan ini dinamakan Rujak Kuah Pindang ?

Mengapa makanan ini berbeda dengan rujak yang lainnya ?

Rujak ini sangat nikmat jika disantap bersama indahnya pemandangan alam pantai ciamik. Makanan Khas Bali ini tidak jauh berbeda dengan rujak yang lainnya, yang menggunakan aneka buah-buahan yang asam dan manis seperti bengkoang, kedondong, pepaya, belimbing, mentimun, dan buah lainnya.yang kemudian dipotong kecil-kecil.

Untuk kuahnya anda bisa mensiramkan atau mencocolkan ke bumbu rujak yang terbuat dari ikan, terasi, garam, dan cabai. Makanan ini sangat cocok untuk ibu hamil yang biasanya mengidam ingin makan rujak. Jika anda berkunjung ke Pulau Dewata Bali anda harus mencoba Makanan Khas Bali ini.

6). Makanan Khas Bali Sate Lilit

Sate adalah makanan yang sering atau digemari oleh masyarakat Indonesia. Sate sudah bisa kita jumpai di seluruh daerah di Indonesia. Terkadang setiap daerah memiliki sate yang memiliki ciri khas tersendiri dari segi citarasa, bentuk. Sate yang terkenal adalah Sate Padang dan Sate Madura.

Jika anda sedang berkunjung di Pulau Dewata Bali jangan lupa untuk mencoba kuliner sate lilit ini yang merupakan khas bali yang sangat lezat. Dari namanya sate ini terbuat dari daging yang halus lalu dililitkan daging tersebut ke tusukkan kayu lalu dibakar.

Untuk Makananan Khas Bali Sate Lilit ini menggunakan ikan tengiri yang pastinya enak dan mempunyai harga yang cukup tinggi dari pada daging ayam atau yang lainnya.

Di Pulau Dewata Bali sendiri anda sudah bisa menjumpai Makanan Khas Bali ini, sudah banyak penjual sate lilit, dari warung makan kecil sampai restoran menjual menu sate lilit ini. Bahkan restoran yang terkenal yaitu restoran bebek tepi sawah juga menghidangkan menu sate lilit ini.

7). Makanan Khas Bali Ayam/Bebek Betutu

Untuk Makanan Khas Bali ini tidak boleh anda lewatkan. Anda pasti akan suka dengan ayam/bebek betutu ini, karena ayam atau bebek betutu ini disajikan utuh lalu dipanggang terlebih dahulu lalu dibagian perut ayam/bebek betutu ini diisi dengan berbagai macam bumbu yang membuat anda ketagihan.

Biasanya Makanan Khas Bali ini disajikan untuk upacara adat atau ritual keagamaan saja, namun Makanan Khas Bali ini sudah dihidangkan sebagai menu andalan bagi restoran-restoran terkenal.

Bagaimana ?

anda pasti sudah tidak tahan lagi untuk membelinya maka dari itu anda bisa datang langsung di Ayam Betutu Men Tempeh di Gilimanuk atau Men Weti di Sanur Bali.

8). Makanan Khas Bali Bagiak

Jika anda mencari makanan ringan yang enak untuk disantap maka bagiak ini cocok untuk anda saat ini nyemil. Makanan Khas Bali ini sangat cocok untuk cemilan atau oleh-oleh saat anda berada di Pulau Dewata Bali. Makanan Khas Bali ini terbuat dari tepung sagu yang biasanya sebagai oleh-oleh di Pulau Dewata Bali.

Makanan Khas Bali ini memiliki citarasa yang manis dan tekstur yang renyah. Dilihat dari gambar di atas Makanan Khas Bali ini berbentuk bulat panjang yang kurang lebih ukurannya sejempol orang dewasa.

Saat anda memegang Makanan Khas Bali ini akan terasa keras lalu setelah anda memakannya di mulut akan merasakan kres kres yang renyah yang sangat pecah dan lembek. Makanan ini sangat cocok dengan teman cemilnya yaitu teh, kopi, atau minuman jahe.

Saat anda kesana anda bisa memilih varian rasa yang ditawarkan yaitu kacang, jahe, susu, dan kayu manis. Pasti sangat nikmat jika di nikmati saat pagi atau sore hari bersama kopi atau teh atau minuman jahe.

9). Makanan Khas Bali Lawar Kuwir

Makanan Khas Bali ini sangat digemari oleh wisatawan yang berlibur ke Pulau Dewata Bali. Makanan Khas Bali ini disajikan dengan berbagai sayuran dan daging cincang lalu di campur dengan bumbu khusus yang menggunakan bumbu khusus khas Bali.

Untuk anda yang beragama islam anda harus memperhatikan sebelumnya karena sebagian penjual Makanan Khas Bali ini menggunakan campuran daging babi.

Namun tidak semua menggunakan daging babi ada yang menggunakan daging bebek entog yang disuwir menjadi alternatif pengganti daging babi yang sebagian disukai oleh masyarakat Pulau Dewata Bali.

Cara menyajikan makanan ini adalah dengan mencincang daging entog kemudian di campur dengan irisan sayur kacang panjang dan parutan kelapa serta dilumuri bumbu Bali. Terkadang Makanan Khas Bali ini di sajikan bersama nasi putih hangat bersama sate lilit, kacang tanah, suwiran ayam betutu, dan mangkok jukut ares.

10). Makanan Khas Bali Nasi Campur Ayam Bali

Nasi campur ini juga jangan anda lewatkan. Karena Makanan Khas Bali ini mempunyai lauk yang beraneka ragam dari sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam yang siap anda santap dengan nasi putih yang hangat dan sambal mentah dan sambel embe Khas Bali.

Makanan Khas Bali ini sangat menggugah selera makan anda kan. Setiap restoran di Bali ini menyediakan lauk yang berbeda jadi anda harus tahu menu yang akan dihidangkan.

Terkadang lauk yang dihidangkan tidak sama yang kita inginkan contohnya ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng. Jika anda membayangkannya pasti akan bercucuran air liur anda.

11). Makanan Khas Bali Jajak Wajik

Jajak Wajik ini cocok untuk oleh-oleh anda saat berkunjung ke Pulau Dewata Bali untuk sanak saudara dirumah. Makanan Khas Bali ini masih eksis sampai saat ini dan masih banyak orang yang menjual Makanan Khas Bali ini. Anda bisa menemukan Makanan Khas Bali ini di toko pusat oleh-oleh Pulau Dewata Bali.

Makanan ini sangat digemari oleh masyarakat Bali khususnya karena rasanya yang sangat manis, dan legit. Jajak Wajik ini berasal dari kata jaja yang artinya jajanan atau panganan. Makanan Khas Bali ini biasanya dihidangkan saat acara pernikahan karena sangat cocok untuk cemilan dan rasanya yang sangat disukai dari semua generasi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika

Leave a Comment